Jumat, 12 Juli 2019

PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (KALIMAT TERBUKA DAN TERTUTUP)

PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

A. KALIMAT TERLUKA DAN KALIMAT TERTUTUP

   1. Kalimat Tertutup
Kalimat tertutup adalah kalimat berita (deklaratif) yang dapat dinyatakan nilai kebenarannya, bernilai benar atau salah saja, tetapi sekaligus bernilai benar dan salah. Kalimat tertutup sering disebut pernyataan.
a. Kalimat tertutup yang bernilai benar adalah kalimat yang menyatakan hal-hal sesuai dengan kenyataan / keadaan yang berlaku umum.
Contoh :
1. 2 adalah bilangan genap.
2. 4 + 3 > 6.
3. Kuda termasuk hewan herbivora.
b. Kalimat tertutup yang bernilai salah adalah kalimat yang menyatakan hal-hal tidak sesuai dengan kenyataan / keadaan yang berlaku umum.
Contoh :
1. Indonesia termasuk negara di Asia Timur.
2. 6 + 4 = 12.
3. 7 - 8 > 0.

     2. Kalimat Terbuka
Kalimat terbuka adalah kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya. Suatu kalimat matematika yang masih memuat variabel (peubah) merupakan kalimat terbuka karna nilai kebenarannya belum dapat ditentukan.
Contoh :
a. 2 + 3a = 10 adalah kalimat terbuka dengan variabel a.
b. 3p + 4 = 12 adalah kalimat terbuka dengan variabel p.
c. "Tiga dikurangi m sama dengan satu" adalah kumat terbuka dengan variabel m.
d. "Anak itu bersekolah di SMPN I Yogyakarta" adalah kalimat terbuka dengan variabel anak itu.
     Pada kalimat terbuka 2 + 3a = 10, huruf a disebut variabel, bilangan 2 dan 10 disebut kostanta, dan bilangan 3 disebut koefisien variabel a. Variabel adalah simbol pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya secara jelas. Variabel biasanya disimbolkan dengan huruf kecil a, b, c, d, ... , z. Kostanta adalah bilangan tetap (tertentu) yang terdapat pada kalimat terbuka. Koefisien adalah bilangan yang menyertai variabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BALIKAN MODULO (INVERS)

Balikan Modulo (Invers) Jika a dan m relatif prima dan m > 1, maka kita dapat menemukan balikan (invers) dari a modulo m. Balikan dari ...